Jumat, 17 Februari 2012

Bagian-Bagian Motherboard

Motherboard memiliki definisi : MotherBoard merupakan board/papan induk atau main board dimana semua device dipasang mulai dari processor, memory, slot-slot untuk ekspansi, dll. Mainboard yang kurang baik, akan mengakibatkan tidak maksimalnya kinerja peripheral lain. Oleh karena itu, pemilihan mainboard yang tepat akan sangat mempengaruhi kinerja komputer. Dari sini semoga kita tidak salah dalam memilih motherboard terbaik untuk anda gunakan.


1. Chipset
Chipset ini merupakan sirkuit elektronik yang fungsinya mengkoordinir transfer data antara berbagai komponen komputer. Chipset berpengaruh untuk memaksilmalkan komputer (upgrade).

2. Battre CMOS dan waktu.
The real-time clock (RTC jangka pendek) adalah sirkuit yang synchronises dengan sistem sinyal. Yang dibuat dari kristal yang bergetar, dan memberikan off pulses (ticks bernama waktu) untuk memelihara elemen sistem yang berjalan pada waktu yang sama.

3. BIOS
BIOS (Basic Input / Output System) adalah program dasar yang digunakan sebagai antarmuka antara sistem operasi dan motherboard. BIOS yang disimpan dalam ROM (read-only memori), menggunakan data didalam

4. Socket/slot processor.
Tentu saja motherboard memiliki tempat untuk berdiamnya processor, dan pada umumnya ada 2 jenis tipe untuk processor yaitusocket danslot. Biasanya setiap motherboard memliki satu jenis saja misalkan socket saja, atau slot saja. tetapi ada juga yang memiliki lebih dari satu socket atau slot, biasanya digunakan untuk multi processor.

 5. Slot RAM/memory

Motherboard memiliki slot khusus untuk RAM, seperti halnya prosessor. Dan setiap jenis motherboard berbeda – beda jenis SLOT ram yang sisertakan
dalam motherboardnya tersebut.


6. Slot Expansion.

Slot ini merupakan slot tambahan atau external pada komputer. Bila komputer anda ingin di upgrade atau
ditambahkan fungsi – fungsinya, anda tinggal menambahkan peralatan – peralatan yang anda butuhkan di expansion


7. I/O port.
I/O port merupakan singkatan dari Input / output. Jadi perangkat ini pada umumnya sudah tersedia di motherboard, seperti port USB, PS/2 (untuk mouse dan keyboard), LAN, VGA, Sound, dsb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar